Kelebihan dan Kekurangan Linux

Linux Logo
Apa sih Linux itu? 
 
Linux adalah sebuah sistem operasi open source (gratis) yang disebarluaskan dengan lisensi GNU. Kelebihan dari Linux adalah memberi kebebasan kepada penggunannya, dimana kita mendapat akses penuh terhadap semua yang ada di dalam Linux, seperti file system, program, dan lainnya. Kita juga dapat memodifikasi kode sumber Linux dengan bebas dan itu legal. Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Program, sistem, dan peralatan sistem yang umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux. Selain itu, Linux juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, yaitu :
Kelebihan Linux.

- Gratis. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Linux bisa kita dapatkan secara gratis, tanpa biaya sedikitpun, tidak seperti Windows original yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah.
- Lebih aman dari virus. Karena Linux memiliki desain multiuser sehingga virus akan sulit menyebar ke user lainnya.
- Sudah banyak software Windows yang bisa digunakan di Linux. Kalaupun ada software yang kita ingin kita gunakan di Linux namun tidak tersedia, kita bisa menggunakan software emulator Windows di Linux.
- Linux dapat berjalan di dua mode. GUI (Graphical User Interface) tampilan berupa desktop atau CLI (Command Line Interface) tampilan berupa teks saja.
- Cocok untuk PC yang memiliki spesifikasi minimum. Tentunya karena Linux hanya membutuhkan resource yang lebih kecil dibandingkan Windows.
- Jarang terjadi freeze/crash. Karena ringannya program-program pada Linux sehingga menjadi lebih stabil.
- Terdapat beragam pilihan distro unik, seperti Debian, Ubuntu, Linux Mint, OpenSuse, Redhat, dan masih banyak lagi. Distro buatan Indonesia pun ada, seperti BlankOn, Garuda OS, IGOS, dan lainnya.
- Memiliki komunitas di berbagai penjuru dunia. Komunitas ini berguna untuk saling berbagi informasi seputar Linux.

Kekurangan Linux.

- Banyak orang yang belum terbiasa menggunakan Linux. Mungkin karena Linux lebih banyak menggunakan perintah dengan menggunakan teks daripada Windows.
- Dukungan hardware untuk Linux masih kurang. Banyaknya vendor-vendor yang masih ragu pada Linux, membuat hardware yang mendukung Linux tidak banyak.
- Proses instalasi rumit. Berbeda dengan proses instalasi Windows dimana orang awam pun sudah dengan mudahnya bisa menginstal.
- Aplikasi di Linux belum sebaik aplikasi Windows.
- Seperti kelemahan Linux yang pertama, struktur direktori dan hak akses juga Linux membingungkan.

Itulah kelebihan dan kekurangan Linux. Tertarik menggunakan Linux? Untuk kalian yang belum pernah menggunakan Linux, saya sarankan untuk mencoba. Karena sekarang sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem operasi Linux. Hal tersebut juga membantu kalian agar tidak kebingungan suatu saat bekerja menggunakan sistem operasi Linux. Semoga bermanfaat

12 komentar

apakah linux CLI bisa dual boot dengan all Windows?

Reply

Lebih rumit nih OS hehe ane nyimak aja deh buat jadi wawasan :p

Reply

Bisa gan, asal distro linuxnya itu support untuk dualboot

Reply

Pekerja kantoran sekarang banyak yang memakai linux gan, jadi pelajari aja biar nanti bisa ngerti walaupun sedikit

Reply

artikelnya bermanfaat gan... terima kasih....

Reply

Ok gan Baru tau saya. makasih sanagt bermanfaat

Reply

aga pusing mas dengan linux soalnya abah ga ngerti dngan cara memakainya.. tp alhamdulillah setelah saya membaca artikel mas, jadi tambahan ilmu dan pengalaman. thanks sudah berbagi

Reply

jadi bertambah ilmu gan

Reply

linux mantep ni buat jaringan

Reply

Mantap gan, btw nice post

Reply

lengakap banget gan tentang kelebihan dan kekurangan linux di sini. hehe thanks udh share

Reply

Posting Komentar